Transformasi Metode Penilaian Akhir Semester

Ciputat, Sabtu 7 Desember 2019. Penilaian Akhir Semester (PAS) di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan mulai beralih dari ujian berbasis offline menjadi basis online. Tahun ini PAS dilaksanakan mulai dari tanggal 2 hingga 6 Desember 2019. Peserta yang mengikuti PAS yaitu siswa dan siswi kelas 10 hingga kelas 12, dengan guru sebagai pengawasnya.

Teknis pelaksanaan PAS online cukup dengan menyediakan gawai dimana setiap mata pelajaran ujian memiliki link yang berbeda sehingga memudahkan siswa untuk mengakses. Durasi per mata pelajaran  bervariasi, mulai dari 1 jam hingga 1 setengah jam. Per hari diujikan 3 sampai 4 mata pelajaran. Absensi tetap dilakukan secara tertulis.

Tampilan soal PAS Online SMAN 8 Tangsel 2019

Selama ujian berlangsung, siswa tidak dapat mengakses apapun selain link soal yang telah diberikan oleh pengawas. Apabila siswa keluar dari link tersebut, maka ia harus meminta akses ulang kepada pengawas. Link tersebut berisikan 50 soal per mata pelajaran. Semua soal berupa pilihan ganda.

PAS tahun ini memiliki beberapa kendala. Untuk mengerjakan soal tersebut, siswa harus menggunakan provider-nya masing-masing karena sekolah belum menyediakan akses internet. Jadi, siswa sering kesulitan mengirim jawaban saat  sinyal provider-nya lemah. Namun disamping kendala-kendala tersebut, ujian berbasis online terhitung lebih efisien dari segi waktu dan juga mengurangi sampah kertas.

Penulis : Citra Ayu Kusrina (@kusrinaa)

Editor : Neni Handayani S.Pd (Wakil Kepala Humas SMAN 8 Tangsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *